Blog,  Indonesia

UMKM Go Online Saya Senang Bisa Membantu

UMKM Go Online menurut saya merupakan salah satu inovasi dalam berbisnis. Inovasi dalam berbisnis tidak hanya terkait dengan membicarakan produk dan jasa yang kita miliki saja, namun secara garis besar menurut saya terbagi menjadi 3 yaitu inside, outside, mixed. Inovasi dalam inside merupakan inovasi yang berkaitan dengan sistem daripada usaha itu sendiri, contohnya dalam hal pendataan, pengelolaan finansial dan lain sebagainya yang berkaitan dengan apa yang ada didalam usaha. Inovasi outside merupakan inovasi yang dilakukan untuk dapat melakukan penetrasi lebih dalam terhadap pasar, misalnya cara promosi, branding dan lain sebagainya, sedangkan inovasi mixed merupakan inovasi yang dilakukan secara bersamaan, misalnya usaha go online. Mengapa demikian? karena dalam usaha go online tidak hanya sistem saya yang berubah menjadi online, namun cara promosi serta individu yang berperan juga harus melek secara digital.

Kelas Bisnis Selasa Pagi

Kelas Bisnis Selasa Pagi ini merupakan kelas yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu Provinsi Yogyakarta yang mengumpulkan para pelaku usaha mikro kecil menengah yang berada di Yogyakarta khususnya untuk mendapatkan update ilmu. Disini saya berkesempatan untuk berbagi ilmu terkait dengan digital marketing secara keseluruhan bersama dengan teman –  teman pelaku usaha mikro kecil menengah.

Antusiasme sangat terasa, banyak pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan juga berbobot. Hal ini mengindikasikan bahwasannya minat para pelaku usaha mikro kecil menengah sangat tinggi dalam mengembangkan bisnis serta memasarkan produknya secara lebih mudah dan dikenal. Tentunya pelatihan – pelatihan pengembangan bisnis serta terkait dengan bisnis perlu digalakkan, mengingat usaha mikro kecil menengah sangat memiliki peran penting dalam penggerak ekonomi Indonesia.

UMKM dan Perekonomian Indonesia

Dalam publikasi berjudul potensi peningkatan kinerja usaha mikro kecil yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik. Dunia usaha Indonesia pada saat ini masih didominasi oleh Usaha Mikro Kecil (UMK). Jumlah usaha ini mencapai lebih dari 26 juta usaha atau 98,68 persen dari total usaha nonpertanian di Indonesia. Usaha ini juga mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 59 juta orang atau sekitar 75,33 persen dari total tenaga kerja nonpertanian. Ketika krisis menerpa Indonesia pada sekitar tahun 1997-1998, UMK terbukti tetap berdiri kokoh di saat usaha-usaha besar lainnya berjatuhan. Tentunya usaha mikro kecil ini memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia.

Usaha Mikro Kecil Menengah juga memiliki peranan lain yaitu untuk memeratakan tingkat perekonomian serta mengentaskan kemiskinan. Disebutkan sebelumnya bahwa usaha mikro kecil menengah ini dapat melakukan penetrasi yang lebih dalam dimana dapat menjangkau masyarakat di daerah pelosok serta memiliki penyerapan tenaga kerja yang tinggi yang tentunya sebagai pemerataan dan pengentasan dari kemiskinan.

umkm go online

Perlu digaris bawahi bahwasannya kelas UMKM Go Online ini berlangsung sebelum adanya wabah covid19. Salah satu kelas yang membuat saya kangen berbagi ilmu melalui kelas offline.

Connect with me on another Platform

sandyka kurniawan facebook sandyka kurniawan instagram sandyka kurniawan twitter sandyka kurniawan youtube sandyka kurniawan linkedin

4 Comments

  • arascandra

    Terima kasih sudah berbagi pengalaman. Karena jujur saja menurutku dengan penulis berbagi pengalaman, dapat meningkatkan minat masyarakat untuk lebih percaya diri dalam belajar umkm dan memulai umkm mereka sendiri. Dimana mereka yakin adanya bentuk nyata orang yang ingin berbagi ilmu dan memulai usaha sendiri, sekali lagi terima kasihh

    • admin

      terima kasih, semoga menginspirasi ya! KAdang kira harus mempelopori perubahan, meski itu sulit diterima, namun untuk hal yang lebih baik kedepannya mengapa tidak?

  • Rahma

    Saya juga sedang membangun usaha mikro, sempat gundah dengan bagaimana nanti kedepannya. Terimakasih karena sudah berbagi pengalaman, sangat bermanfaat sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *