Blog,  Hobi,  Opini

Belajar Tarot Psikologi bersama Bunda Ry, Jauh dari kata Mistis !

Belajar Tarot Psikologi, Jauh dari kata Mistis ! – Sudah pasti terbenak kalimat skeptis “ah masa”, namun pada kenyataanya memang benar adanya bahwa belajar tarot ini jauh dari mistis. Sebelum mengawali belajar, terdapat pesan dari Bunda Ry, ketika kita ingin belajar terkait dengan suatu hal jadilah gelas yang kosong, karena gelas kosong akan mudah untuk diisi, berbeda dengan gelas yang telah terisi air. Pandangan kita juga harus terbuka dan siap menerima hal baru. Nyatanya, benar, saya yang niatnya hanya belajar tarot, sedikit banyak belajar juga astrologi, feng shui, numerologi dan banyakk deh insight lainnya! Penyampaian Bunda Ry yang asik dan santai membuat kelas ini sama sekali ngga ada mistis – mistisnya, malah banyak bumbu bumbu guyonnya 😂😂😂😂

Dari pada saya kebanyakan ngompyang, yuk langsung aja apa siii yang dipelajari bareng Bunda Ry

Tarot, Psikologi dan Simbol

Jika dilihat antara hubungan tarot dengan psikologi saya pribadi menangkap bahwa tarot sebenarnya media atau alat untuk melakukan refleksi pada diri dan bisa digunakan sebagai media atau alat untuk perbaikan maupun terapi khususnya terkait dengan kesehatan mental. Seperti yang kita tahu bahwa kartu tarot menggunakan banyak simbol, hal ini sama seperti kita menggunakan simbol dalam mimpi untuk mengira-ngira, menerjemahkan artinya. Mengapa simbol? tidak menggunakan bahasa tertentu? Simbol merupakan bahasa yang universal sebelum manusia zaman sekarang menggunakan bahasa lisan, kita lihat bagaimana manusia zaman purba berkomunikasi, bisa kita lihat dalam lukisan yang ada dalam gua, serta huruf hieroglyph misalnya. Simbol dapat diartikan menjadi banyak arti sesuai dengan kebutuhan, tidak seperti bahasa lisan yang terbatas dalam penggunaannya. Begitu juga dengan kartu tarot yang penuh dengan simbol, tentunya setiap simbol yang ada memiliki arti.

Tidak banyak yang tau bahwa pikiran kita memiliki kemampuan luar biasa untuk mencerna pada sebuah simbol, ketika melihat sesuatu terkait dengan bentuk tertentu jika tidak terdapat aturan yang berlaku kita bisa menyebutkan A itu bisa B bisa C, simpelnya kita sepakat menamai pensil, namun bukankah bisa disebut alat tulis saja, alat pencolok mata, tusuk sate misalnya. Menggunakan tarot bisa menjadi alat jitu ketika digunakan untuk menggambarkan apa yang dilihat dan rasakan. Interpretasi simbol ini berfungsi sebagai titik loncatan untuk hal-hal yang terjadi di alam bawah sadar atau secara mudahnya merubah pola dasar yang berada dalam alam bawah sadar yang bahkan mungkin tidak disadari.

Memulai Belajar yang Katanya Mistis

Sebelum belajar lebih dalam, pertama saya diajari untuk memahami simbol-simbol yang berada pada arcana mayor dan arcana minor, arcana mayor dalam kartu tarot ini terbagi menjadi total 22 kartu yang terhitung dari kartu 0 hingga kartu ke 21. Ke 22 kartu ini, setiap detailnya memiliki arti tertentu. Tidak terlepas juga bagi Arcana Minor, namun terdapat sedikit perbedaan dalam Arcana Minor ini, Arcana Minor ini terdiri dari

Major Arcana

Kartu Major Arcana dalam tarot ini berfungsi untuk merepresentasikan terkait dengan pengaruh yang monumental pada individu. Seperti yang di ceritakan oleh Bunda Ry, pada setiap kartunya ini memiliki cerita yang berbicara terkait dengan perjalanan hidup, dan setiap cerita dari kartu dan simbol yang ada memberikan pesan yang kuat. Kartu Major Arcana melambangkan tahap – tahap terpenting dalam kehidupan kita. Diawali dari dari yang “bodoh” dan “experimental” (dilambangkan oleh kartu 0 yaitu The Fool) hingga kita mencapai keberhasilan dan dapat menyelesaikan tujuan kita (dilambangkan oleh kartu ke 21 yaitu kartu The World).  Pesan ini digunakan untuk menggambarkan gerakan perubahan dalam hidup yang mendefinisikan permulaan atau akhir dari sebuah siklus. Kartu Major Arcana juga memberikan petunjuk tentang sesuatu hal namun ini tergantung dari arti kartu yang efeknya dapat “merubah kehidupan” seseorang dan sifatnya jangka panjang. Singkatnya Major Arcana ini melambangkan hal-hal yang di luar kehendak kita, namun hal ini kembali lagi ke intuisi kita dalam membaca serta merepresntasikan simbol yang ada.

Minor Arcana

Kartu Minor Arcana dalam tarot ini terdiri dari 56 kartu, yang terbagi dalam 4 jenis. Jenis dari masing-masing kartu ini terdiri dari 14 kartu. Pembagian dari Arcana Minor ini yaitu 10 kartu diberi nomor 1 (Ace) sampai 10 dan 4 kartu court. Kartu court terdiri dari King, Queen, Knight dan terahir Page. Sedangkan empat jenis dari kartu ini adalah 1) cups 2)wands 3) swords dan 4) pentacles.

Setiap jenis dari Arcana Minor ini berhubungan dengan elemen yang berbeda-beda dan digambarkan sebagai aspek kehidupan sehari-hari. Dapat dikatakan kartu Arcana Minor lebih menekankan hal-hal yang bersifat praktis serta berhubungan dengan masalah-masalah aktual, yang efeknya hanya sementara dan kurang berpengaruh. Singkatnya, kartu Arcana Minor, merefleksikan hal-hal yang dihadapi dalam keseharian. Kartu-kartu ini menunjukkan orang-orang biasa yang melakukan kegiatan sehari-hari seperti berdansa, tidur, atau bekerja. Mereka mensugestikan kegiatan yang dipicu oleh perilaku manusia dan muncul saat transisi biasa yang bersifat temporer atau minor.

belajar tarot psikologi
Menyimak materi yang disampaikan oleh Bunda Ry

Beginilah suasana ketika Bunda Ry menjelaskan arti dari setiap kartu serta cerita yang ada di masing – masing kartu. Mungkin terlihat simpel namun nyatanya untuk belajar Arcana Mayor saja saya menghabiskan waktu 12 Jam dalam sehari! Itupun Bunda Ry bilang masih ada banyak lagi yang bisa digali… Waktu 2 hari terasa sangat cepat dan tentunya menguras energi, serta pikiran. Namun itu semua terbayar ketika saya mendapatkan paradigma serta sudut pandang baru terkait degan tarot, psikologi dan manusia. Tidak ada salahnya terus belajar, apapun itu, sejatinya kita sebagai manusia juga dituntut untuk selalu belajar hingga masuk ke liang lahat nanti, karena ilmu yang kita pelajari dan kita amalkan akan menjadi amalan yang tidak terputus.

Instagram Bunda Ry

Bagi teman – teman yang ingin belajar terkait dengan psikologi, tarot bisa follow beliau ya!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by *RY Kusumaningtyas* (@tarotbundary)

Galeri Belajar Bersama Tarot dan Psikologi bersama Bunda Ry

Momen ketika belajar bareng dengan teman – teman dan langsung praktik! Deg-degan tentunya, namun Bunda Ry dengan sabarnya membimbing saya 💕

Yuk kita sama – sama belajar hal menarik bareng lainnya dan melihat hal – hal dari sisi lainnya! Biar engga ketinggalan silahkan connect with me on another platform ya!

Connect with me on another Platform

sandyka kurniawan facebooksandyka kurniawan instagramsandyka kurniawan twittersandyka kurniawan youtubesandyka kurniawan linkedin

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *